BALIKPAPAN KOTA BERIMAN


Mengapa di juluki kota BERIMAN karena kotanya sangat Bersih,Aman dan, Nyaman. Balikpapan sangat terkenal dengan kota minyak, kenapa di sebut atau di kenal sebagai kota minyak, karena di Balikpapan ini sangat banyak sekali tangki minyak yang berada di jalan minyak. tangki tersebut berbentuk rumah teletubis tetapi ini versih besar dan tinggi. Balikpapan juga terkenal akan Makanan, kota terbersih, kota tertertib ber lalulintas. Sangat di sayangkan banyak sekali oknum oknum yang suka merusak daerah atau kawasan Balikpapan. 


Balikpapan mempunyai makanan khas yaitu adalah AMPLANG 


Amplang merupakan makanan ringan semacam kerupuk. Bahan utamanya terdiri dari tepung, telor,  beragam bumbu rempah, dan daging ikan pipih (atau sering disebut belida). Ikan pipih sendiri merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dulu banyak terdapat diperairan Kalimantan. Namun keberadaan ikan ini sudah jarang kita temui hingga dewasa ini, pembuat amplang menggantinya dengan daging ikan tengiri. Sekarang Ikan pipih atau belida sendiri hanya dipakai sebagai merk saja. Campuran dari beragam bumbu rempah, tepung, telor dan daging ikan membuat camilan ini terasa gurih dan kriuk. Bentuknya bermacam-macam, ada yang bulat memanjang seperti jari, ada juga yang menyerupai kuku macan. Semua sama gurihnya. Pembuatan amplang sendiri selain di Balikpapan juga banyak terdapat di Samarinda.

SUMBER ; https://www.kompasiana.com/gneoga/552aa9626ea8341a0a552d0c/ini-dia-5-kuliner-unik-oleh-oleh-dari-balikpapan


Balikpapan juga mempunyai Tarian Tradisional LOHHH


Tari Burung Enggang 

Tari tradisional suku Dayak ini dibawakan oleh gadis-gadis yang diiringi oleh alat musik Kecapi. Tari Burung Enggang menceritakan tentang nenek moyang suku Dayak yang konon turun ke bumi dari langit dalam bentuk burung Enggang, burung khas Kalimantan Timur

SUMBER : http://www.jotravelguide.com/balikpapan/kesenian_daerah_kaltim.php









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Kampus UMM

Fasilitas di UMM